Langsung ke konten utama

Konsep Class ,Objek,dan method

A.pengertian class,objek,dan method

class pada bahasa pemrograman java dapat dikatakan  sebagai kumpulan dari objek yang memiliki perilaku, relasi,dan kata yang umum .contohnya class hewan buas,class kendaraan,dan class bunga-bungaan .

adapun objek adalah instance atau anggota dari sebuah class.contohnya pada class hewan buas ,anda dapat membuat objek singa,harimau serigala ,dan lain lain.untuk membuat objek anda perlu menggunakan perintah new dengan sebuah nama class yang akan anda buat sebagai anggota dari class tersebut.pada objek terdapat nilai yang berasal dari class tersebut atribut.atribut ini mempresentasikan karakteristik dari sebuah objek.contohnya pada singa terdapat atribut sebagai jantan atau betina,ekor taring ,kaki empat,warna cokelat dan lain lain.
method merupakan perintah untuk mejalankan fungsi -fungsi yang dapat dikerjakan oleh suatu objek .method didefinisikan di dalam class,tetapi pemanggilan melakukan melalui sebuah objek.contohnya pada objek singa terdapat method lihat jenis kelamin(),periksaumur(),dan lain lain.

B.membuat class sederhana

langkah langkah membuat sebuah class dalam bahasa pemrograman java mengguanakan aplikasi IDE NetBeans adalah sebagai berikut.

1. buka aplikasi NetBeans
2.pilih menu file -klik New Project
3.pilih next untuk dapat menentukan nama dan lokasi penyimapanan project
4.beri nama project yang akan dibuat,aturan penamaan project adalah dengan menggunakan huruf kecil semua.
5.project name yang dibuat pada contoh di atas adalah tugas dan tersimpan 
pada folder c:/LKS
6.pada bagian create main class,isi dengan tugas .mobil.selanjutnya klik finish 

hasil project tersebut terdiri atas class baru dengan nama latihan.penjelasan dari project tersebut adalah sebgai berikut.
  package adalah tempat untuk menyimpan class class yang telah dibuat
  .  class yang dibuat bernama latihan .
7.pada setiap project ,terdapat suatu class dengan kode program sebagai berikut.

public static void main(string[] args  {


kode program tersebut menunjukan bahwa class tersebut adalah class utama 

c.membuat properti class 
properti atau atribut sebenarnya adalah komponen yang disediakan oleh class mobil.properti yang dibuat untuk class mobil adalah warna,tahun produksi,nomor_rangka dan nomor_mesin .jumlah dari properti yang dibuat tergantung dari keinginan programmer.
Hasil gambar untuk prototype


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Alur Kerja Dan Pemodelan Sistem Berorientasi Objek

A. Alur Kerja Sistem Berorientasi Objek https://novitasarry1411.blogspot.com A lur kerja dapat didefinisikan sebagai sebuah rangkaian langkah kerja yang dilakukan untuk  mencipatakan atau menambahkan nilai kepada aktivitas organisasi.dalam sebuah alur kerja yang bersifat rangkaian ,masing masing tahapan kerja akan bergantung pada langkah kerja sebelumnya .ketika membangun atau menganalisis sebuah alur kerja ,ada bebrapa hal penting yang perlu diperhatiakn ,antara lain sebagai berikut: 1.Apa pekrjaan yang harus diselesaikan ? 2.siapa yang bertangguang jawab untuk melakukan apa? 3.kapan masing-masing pekerjaan dilakukan? 4.apa persyaratan yang harus dipenuhi agar pekerjaan dapat dilakukan? B. Activity diagram Activity Diagram  atau  Diagram aktivitas  adalah bentuk visual dari alur kerja yang berisi aktivitas dan tindakan, yang juga dapat berisi pilihan, atau pengulangan. Dalam  Unified Modeling Language (UML), diagram aktivitas dibuat untuk menjelaskan aktivitas komput

simbol simbol activity diagram

simbol simbol pada activity diagram https://novitasarry1411.blogspot.com seperti hal nya diagram UML yang lain,activity diagram menggunakan simbol simbol grafis untuk membangun sebuah model.simbol simbol yang digunakan pada activity diagram adalah sebagai berikut: a.intial state  atau titik awal activity diagram akan diawali dengan sebuah initian state yang disimbolkan dengan sebuah lingkaran penuh berisi. pada activity diagram yang digambar menggunakan swimlanes.   b.aktivitas aktivitas di dalam activity diagram disimbolkan dengan sebuah persegi panjang  dengan sudut melengkung .setiap aktivitas diberi keterangan yang berhubungan dengan aktivitas yang diwakilinya. c.konektor konektor digunakan untuk menggambarkan aliran aktivitas yang ada di activity digram.konektor mengguanakan simbol anak panah dengan arah yang menunjukan arah aliran. d.join join alah proses dua aliran aktivitas bersatu dalam sebuah aliran.join disimbolkan dengan sebuah garis

Perlindungan Data Informasi dengan enkapsulasi

A.ENKAPSULASI Enkapsulasi adalah teknik menyembunyikan blog program yang berisi informasi  penting .fungsi enkapsulasi adalah membuat variabel atau field class mejadi berisfat private dan aksesnya melalui public method .field yang dideklarasikan menjadi private tidak dapat diakses oleh siapa pun di luar class. Enkapulasi bermanfaat dala mengamankan sebuah kode program.anda dapat memodifikasi kode tanpa harus kode yang telah digunakan dalam class ini.adapun manfaat lain dari enkapulasi adalah sebagai berikut. 1.modularitas       source code dari sebuah class dapat dikelola secara bebas dari source code yang lain.perubahan yang terjadi pada sebuah class tidak akan berpengaruh bagi class lain yang menggunakan nya. 2. information hiding       information hiding berarti menggunakan informasi yang tidak perlu diketahui objek lain. dengan menerapkan enkapsulasi pada class,anda dapat menyembunyikan informasi dari suatu class sehingga anggota dari class tersebut tidak dap