Langsung ke konten utama

Alur Kerja Dan Pemodelan Sistem Berorientasi Objek

A. Alur Kerja Sistem Berorientasi Objek
https://novitasarry1411.blogspot.com

Alur kerja dapat didefinisikan sebagai sebuah rangkaian langkah kerja yang dilakukan untuk  mencipatakan atau menambahkan nilai kepada aktivitas organisasi.dalam sebuah alur kerja yang bersifat rangkaian ,masing masing tahapan kerja akan bergantung pada langkah kerja sebelumnya .ketika membangun atau menganalisis sebuah alur kerja ,ada bebrapa hal penting yang perlu diperhatiakn ,antara lain sebagai berikut:

1.Apa pekrjaan yang harus diselesaikan ?
2.siapa yang bertangguang jawab untuk melakukan apa?
3.kapan masing-masing pekerjaan dilakukan?
4.apa persyaratan yang harus dipenuhi agar pekerjaan dapat dilakukan?


B.Activity diagram
Activity Diagram atau Diagram aktivitas adalah bentuk visual dari alur kerja yang berisi aktivitas dan tindakan, yang juga dapat berisi pilihan, atau pengulangan. Dalam Unified Modeling Language(UML), diagram aktivitas dibuat untuk menjelaskan aktivitas komputer maupun alur aktivitas dalam organisasi. Selain itu diagram aktivitas juga menggambarkan alur kontrol secara garis besar.
Diagram aktivitas memiliki komponen dengan bentuk tertentu, dihubungan dengan tanda panah. Panah tersebut mengarahkan urutan aktivitas yang terjadi, dari awal sampai akhir. Yang perlu diperhatikan yaitu diagram aktivitas bukan menggambarkan aktivitas sistem yang dilakukan aktor, tetapi menggambarkan aktivitas yang dapat dilakukan oleh sistem. .
Activity diagram pada beberapa waktu dianggap sama seperti flowchart (diagram alur), namun meskipun diagram terlihat seperti sebuah diagram alur, tetapi sebenarnya berbeda. Activity diagram menunjukkan aliran yang berbeda seperti paralel, bercabang, bersamaan dan tunggal.

Tujuan


Tujuan utama dari Activity Diagram adalah menggambarkan proses bisnis dan urutan aktivitas dalam sebuah proses agar lebih mudah dipahami. Activity diagram juga digunakan untuk menunjukkan aliran pesan dari satu aktivitas ke aktivitas lainnya… Adapun tujuan pembuatan Activity Diagram lainnya yaitu :
  • Menggambarkan proses bisnis dan urutan aktivitas dalam sebuah proses
  • Dipakai pada business modeling untuk memperlihatkan urutan aktifitas proses bisnis
  • Membantu memahami proses secara keseluruhan
  • Menggambarkan aliran paralel, bercabang dan bersamaan dari sistem

Komponen


Komponen yang ada pada Activity Diagram antara lain :
  • Start Point/Initial State(Titik Mulai)
    Start Point merupakan lingkaran hitam kecil, yang menandakan tindakan awal atau titik awal aktivitasuntuk setiap diagram aktivitas.
  • Activitiy(Aktivitas)
    Activity menunjukan aktivitas yang dilakukan atau yang sedang terjadi dalam activity diagram.
  • Action Flow(Arah)
    Action Flow digunakan untuk transisi dari suatu tindakan ke tindakan yang lain atau menunjukan aktivitas selanjutnya setelah aktivitas sebelumnya.
  • Decision(Keputusan)
    Decision adalah suatu titik atau point pada activity diagram yang mengindikasikan suatu kondisi dimana ada kemungkinan perbedaan transisi.
  • Synchornization
    Synchornization dibagi menjadi 2 yaitu fork dan join.
    • Fork (percabangan) digunakan untuk memecah behaviour menjadi activity atau action yang paralel.
    • Join (penggabungan) untuk menggabungkan kembali activity atau action yang paralel.
  • Merge Event(Menggabungkan)
    Merge Event berfungsi untuk menggabungkan flow yang dipecah oleh decission.
  • Swimlanes
    Swimlanes berfungsi untuk memecah activity diagram menjadi baris dan kolom untuk membagi tangung jawab obyek-obyek yang melakukan aktivitas.
  • Final State/End Point(Titik Akhir)
    Final State menunjukan bagian akhir dari aktivitas.

activity diagram memberikan beberapa keuntungan kepada pengguna,anatara lain sebgai berikut:

a.mendemontrasikan logika adari sebuah algoritme
b.menggambarkan langkah langkah yang dilakukan dalam sebuah diagram use case
c.menggambarkan proses bisnis atau alur kerja diantara pengguna dan sistem
d.menyederhanakan dan meningkatkan berbagai proses dengan cara mengklarifikasi use case yang komleks
e.memodelkan elemen elemen arsitertur perangkat lunak ,seperti fungsii metode,atau operasi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

macam macam perangkat keras dan lunak pada komputer

Macam-macam Perangkat Keras dan Perangkat Lunak Komputer https://novitasarry1411.blogspot.com Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas tentang pengertian dan macam-macam perangkat keras komputer atau hardware. Dalam dunia komputer pengertian dari perangkat keras atau hardware adalah komponen fisik yang membentuk sebuah sistem komputer. Hardware mempunyai sifat yang berbeda dengan software yaitu dapat dilihat, diraba dan bentuknya nyata. Jenis-jenis hardware pada komputer dan tidak hanya tertuju pada bagian komputer saja melainkan semua perangkat yang mendukung kinerja komputer.    a)      Macam Macam Perangkat Keras Komputer 1.       Motherboard Motherboard adalah papan sirkuit yan berfungsi sebagai tempat komponen- komponen komputer seperti processor, harddisk dan lain-lain. Motherboard sendiri berupa papan utama yang berbentuk PCB dan memiliki chip BIOS, jalur-jalur maupun konektor yang berf...

Konsep Class ,Objek,dan method

A.pengertian class,objek,dan method c lass pada bahasa pemrograman java dapat dikatakan  sebagai kumpulan dari objek yang memiliki perilaku,   relasi,dan kata yang umum .contohnya class hewan buas,class kendaraan,dan class bunga-bungaan . adapun objek adalah instance atau anggota dari sebuah class.contohnya pada class hewan buas ,anda dapat membuat objek singa,harimau serigala ,dan lain lain.untuk membuat objek anda perlu menggunakan perintah new dengan sebuah nama class yang akan anda buat sebagai anggota dari class tersebut.pada objek terdapat nilai yang berasal dari class tersebut atribut.atribut ini mempresentasikan karakteristik dari sebuah objek.contohnya pada singa terdapat atribut sebagai jantan atau betina,ekor taring ,kaki empat,warna cokelat dan lain lain. method merupakan perintah untuk mejalankan fungsi -fungsi yang dapat dikerjakan oleh suatu objek .method didefinisikan di dalam class,tetapi pemanggilan melakukan melalui sebuah objek.contohnya pada objek si...