Langsung ke konten utama

sisi positif dan negatif menggunakn gadget

 



OLEH: NOVITA SARI


GADGET adalah alat komunikasi modern yang memiliki berbagai fungsi canggih. Alat ini juga didefinisikan sebagai alat elektronik kecil yang memiliki fungsi khusus dengan unit kerja yang tinggi. Hal yang membedakan gadget dengan teknologi yang lainnya adalah unsur kekinian. Artinya, gadget selalu muncul dengan aplikasi-aplikasi terbaru yang mengikuti perkembangan zaman. Inilah yang menjadi factor tertarik dengan gadget, di samping fungsinya sebagai alat untuk berkomunikasi.


Di zaman yang serba modern ini, teknologi gadget mengalami perkembangan yang sangat pesat. Dari awal kemunculannya yang hanya sebatas alat untuk telepon, kini gadget berubah menjadi seakan-akan kebutuhan primer bagi setiap manusia. Alat ini terus berkembang untuk memudahkan manusia dalam beraktivitas sehari-hari.

Walaupun demikian, di balik sisi positif yang ada di gadget, ternyata juga terdapat dampak-dampak negatif yang bisa ditimbulkan oleh gadget. Berikut adalah dampak positif dan negatif penggunaan gadget:

-positif

a. Menambah ilmu pengetahuan


Gadget kini menjadi media yang memungkinkan kita untuk mengakses berbagai informasi di mana pun dan kapan pun sehingga menambah wawasan dan pengetahuan. Bahkan, kini anak-anak sudah tak asing dengan barang ini. Mereka biasa mengakses internet untuk hiburan, maupun sebagai sarana untuk mengerjakan tugas sekolah mereka.


b. Mempermudah komunikasi


Ini adalah fungsi utama gadget, yakni membuat seseorang seolah-olah bertemu meskipun berbeda tempat. Melalui fitur Video call dari berbagai aplikasi yang ada saat ini, kita bisa tersambung dengan keluarga, teman atau pacar seperti bertatap muka langsung.


c. Memperluas jaringan pertemanan


Munculnya berbagai situs media sosial seperti line, instagram, path, skype memungkinkan kita untuk menambah banyak teman, bahkan dari berbagai belahan dunia sekalipun. Gadget membuat dunia seakan-akan berada dalam genggaman kita.


-negatif

a. Risiko terkena radiasi


Menurut beberapa penelitian, menggunakan gadget terlalu sering akan rentan terkena radiasi, terutama pada anak kecil. Pancaran sinar dari layar sangat membahayakan kesehatan perkembangan sistem saraf.


b. Kecanduan


Seperti sudah dibahas di atas, saat ini gadget bagi sebagian orang merupakan kebutuhan primer. Mereka tidak bisa dipisahkan. Hal ini membuat mereka kecanduan, terutama bagi yang hobi bermain game. Kecanduan seperti ini menyebabkan mereka kurang berinteraksi dengan orang lain. 


c. Lambat memahami pelajaran

Kebiasaan kita yang asyik dengan gadget akan berpengaruh terhadap kemampuan otak untuk mendapat informasi. Salah satunya ketika medapatkan pelajaran di sekolah, mereka akan sulit memahami apa yang disampaikan guru. Selain itu, gadget juga membuat kita cenderung malas belajar serta membaca buku, sehingga berujung pada menurunnya prestasi.

d. Risiko penyalahgunaan

Kali ini adalah bahaya laten gadget bagi anak-anak terhadap penggunaan gadget apabila kita tidak mengawasinya. Di balik kemudahan kita mengakses informasi melalui gadget, akan menjadi riskan bagi anak-anak. Sudah banyak kasus pelajar yang berbuat cabul akibat kecanduan pornografi melalui gadget. Ini bisa membuat anak salah jalan, hingga membuat mereka melakukan hal–hal yang menyimpang.

Adapun solusi untuk menanggulangi atau mencegah berbagai dampak negatif dari penggunaan gadget tersebut terhadap anak-anak, di antaranya sebagai berikut:

1. Hindari memperkenalkan gadget pada anak usia dini

 sebaiknya diperkenalkan pada anak ketika sudah mengerti dan bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Jangan memperkenalkan pada anak usia yang masih terlalu dini karena bisa berdampak terhadap kesehatan dan tumbuh kembangnya.

2. Berikan pemahaman pada anak

Berikan pengarahan supaya anak tidak menggunakan gagdet dalam waktu yang lama. Nasihati sang buah hati secara perlahan, dan jangan memaksanya untuk menghidari gadget karena akan membuat anak semakin penasaran.

3. Jadilah contoh yang baik

Jangan hanya melarang namun, anda juga harus menjadi contoh yang baik bagi anak. Ketika di rumah, sebaiknya anda jangan terlalu lama atau terlalu asyik bermain gadget. Karena hal itu akan ditiru oleh anak sehingga secara perlahan akan menjadi kebiasaan yang terus berlanjut hingga dewasa.

4. Jangan terlalu memanjakan anak

Semakin anda memanjakan anak, semakin ia akan berbuat seenaknya. Dengan demikian anda harus tetap membatasi penggunaan gadget ini. Memanjakan boleh, asal jangan terlalu berlebihan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Alur Kerja Dan Pemodelan Sistem Berorientasi Objek

A. Alur Kerja Sistem Berorientasi Objek https://novitasarry1411.blogspot.com A lur kerja dapat didefinisikan sebagai sebuah rangkaian langkah kerja yang dilakukan untuk  mencipatakan atau menambahkan nilai kepada aktivitas organisasi.dalam sebuah alur kerja yang bersifat rangkaian ,masing masing tahapan kerja akan bergantung pada langkah kerja sebelumnya .ketika membangun atau menganalisis sebuah alur kerja ,ada bebrapa hal penting yang perlu diperhatiakn ,antara lain sebagai berikut: 1.Apa pekrjaan yang harus diselesaikan ? 2.siapa yang bertangguang jawab untuk melakukan apa? 3.kapan masing-masing pekerjaan dilakukan? 4.apa persyaratan yang harus dipenuhi agar pekerjaan dapat dilakukan? B. Activity diagram Activity Diagram  atau  Diagram aktivitas  adalah bentuk visual dari alur kerja yang berisi aktivitas dan tindakan, yang juga dapat berisi pilihan, atau pengulangan. Dalam  Unified Modeling Language (UML), diagram aktivitas dibuat untuk menj...

macam macam perangkat keras dan lunak pada komputer

Macam-macam Perangkat Keras dan Perangkat Lunak Komputer https://novitasarry1411.blogspot.com Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas tentang pengertian dan macam-macam perangkat keras komputer atau hardware. Dalam dunia komputer pengertian dari perangkat keras atau hardware adalah komponen fisik yang membentuk sebuah sistem komputer. Hardware mempunyai sifat yang berbeda dengan software yaitu dapat dilihat, diraba dan bentuknya nyata. Jenis-jenis hardware pada komputer dan tidak hanya tertuju pada bagian komputer saja melainkan semua perangkat yang mendukung kinerja komputer.    a)      Macam Macam Perangkat Keras Komputer 1.       Motherboard Motherboard adalah papan sirkuit yan berfungsi sebagai tempat komponen- komponen komputer seperti processor, harddisk dan lain-lain. Motherboard sendiri berupa papan utama yang berbentuk PCB dan memiliki chip BIOS, jalur-jalur maupun konektor yang berf...

Konsep Class ,Objek,dan method

A.pengertian class,objek,dan method c lass pada bahasa pemrograman java dapat dikatakan  sebagai kumpulan dari objek yang memiliki perilaku,   relasi,dan kata yang umum .contohnya class hewan buas,class kendaraan,dan class bunga-bungaan . adapun objek adalah instance atau anggota dari sebuah class.contohnya pada class hewan buas ,anda dapat membuat objek singa,harimau serigala ,dan lain lain.untuk membuat objek anda perlu menggunakan perintah new dengan sebuah nama class yang akan anda buat sebagai anggota dari class tersebut.pada objek terdapat nilai yang berasal dari class tersebut atribut.atribut ini mempresentasikan karakteristik dari sebuah objek.contohnya pada singa terdapat atribut sebagai jantan atau betina,ekor taring ,kaki empat,warna cokelat dan lain lain. method merupakan perintah untuk mejalankan fungsi -fungsi yang dapat dikerjakan oleh suatu objek .method didefinisikan di dalam class,tetapi pemanggilan melakukan melalui sebuah objek.contohnya pada objek si...