Langsung ke konten utama

konsep dan kebutuhan sistem berorientasi objek.

konsep dan kebutuhan sistem berorientasi objek.
https://novitasarry1411.blogspot.com

A.konsep permodelan berorientasi objek

seperti bidang teknologi informasi lainnya,pemrograman telah mengalamai evolusi sejak teknologi komputer diperkenalkan.berbagai paradigma pemrograman berorientasi obek merupakan paradigma pemrograaman paling banyak digunakan.paradigma pemrograman adalah cara pandang atau pola pendekatan terhadap masalah masalah pemrograman yang akan menentukasn suatu solusi dapat dihasilkan .paradigma memberikan cara alur berfikir ,aturan aturan,dan batasan batasan kepada anda mengenai cara menyelesaikan sebuah persoalan.sejak teknologi pemrograman diperkenalkan ,berbagai paradigma pemrograman telah banyak digunkan secara luas dan mengalami perkembangan.beberapa paradigma pemrograman yang pernah dikenal secara luas antara lain sebagai berikut:

1.pemrograman nonstruktual

pemrograman nonstruktual merupakan paradigma pemrograman yang paling awal dikenalkan .kode programnya terdiri atas rangkaian instruksi yang disusun secara berurutan.setiap perintah atau statement akan ditempatkan disebuah bartis yang baru .setiap baris diberi nomor baris atau label untuk memudahkan atau pembacaan program .berikut kodeadalah contoh kode program yang bersifat nonstruktual


10 PRINT "bilangan X",kuadrat X"
20 PRINT"------------------------"
30 INPUT ''Masukan bilangan X, X
40 PRINT X, X*X
50  GO TO 30

salah satu kelemahan besar paradigma pemrograman nonstruktual adlaha ketika anda harus membuat aplikasi yang besar atau kompleks .kode program akan bertambah sacara masif atau besar besaran yang menyebabkan jumlah baris program yang sangat banyak .akibatnya ,kode program akan sulit dibaca dan dipahami oleh orang lain .dengan demikian ,proses perbaikan atau pengembangan akan sulit dilakukan.

2.pemrograman terstruktur

masalah yang timbul pada paradigma pemrograman tidak terstruktur dihilangkan dengan tekhnk pemrograman terstruktur .pada paradigma pemrograman ini,kode program akan pecah menjadi berapa bagian sesuai dengan proses yang dijalaknkan .paradigma pemrograman terstruktur peningkatan yang jauh lebig baik dibandingkan dengan pemrograman nonstruktual .pemanfaatan perosedur yang terpisah untuk menjalankan logika atau proses tertentu .


3.pemrograman berorientasi objek

pada teknik ini,segala sesuatu dianggap sebagai sebuah objek dan atribut .adapun perilaku diterjemahkan menjadi bagian program yang disebut objek .setiap objek merupakan bagian dari sebuah sistem yang berinteraksi satu dengan lainnya.setiap objek memiliki karakteristik dan perilaku tersendiri.paradigma pemrograman berorientasi objek merupakan paradigma pemrograman yang dapat menggambarkan lebih dekat kondisi dunia nyata.


B.Konsep Kemrograman Berorientasi Objek

Ide tentang pmrograman berorientasi objek telah berkembang sejak tahun 1970-an.namun,ode tersebut baru diperkenalkan pada tahun 1980-an,ketika bjorn struopstrup mengintegrasikan konsep OOP ke dalam bahasa pemrograman C dan menebut bahasa pemrograman C++ .bahasa pemrograman C++ kemudian menjadi bahasa pemrograman bahasa pertama yang mengakomodasi paradigma  OOP dan digunakan secara luas.paradigma berorientasi objek didasarkan pada beberapa prinsip yang mendasari proses sebuah perangkat  luanak dibangun.

1.Objek

objek adalah sesuatu yang menjadi fokus perhatian anda.objek juga dapat berupa sebuah benda yang sederhana ,seperti bola tenis,atau objek sebuah pertandinagan objek dapat juga berupa sebuah benda yang jauh lebih kompleks seperti pesawat udara.untuk membedakan sebuag objek dengan objek lain.buasanya objek dideskripsikan dengan karakteristik yang dimiliki nya.dalam paradigma pemrograman  berorientasi objek disebut dengan atribut 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Alur Kerja Dan Pemodelan Sistem Berorientasi Objek

A. Alur Kerja Sistem Berorientasi Objek https://novitasarry1411.blogspot.com A lur kerja dapat didefinisikan sebagai sebuah rangkaian langkah kerja yang dilakukan untuk  mencipatakan atau menambahkan nilai kepada aktivitas organisasi.dalam sebuah alur kerja yang bersifat rangkaian ,masing masing tahapan kerja akan bergantung pada langkah kerja sebelumnya .ketika membangun atau menganalisis sebuah alur kerja ,ada bebrapa hal penting yang perlu diperhatiakn ,antara lain sebagai berikut: 1.Apa pekrjaan yang harus diselesaikan ? 2.siapa yang bertangguang jawab untuk melakukan apa? 3.kapan masing-masing pekerjaan dilakukan? 4.apa persyaratan yang harus dipenuhi agar pekerjaan dapat dilakukan? B. Activity diagram Activity Diagram  atau  Diagram aktivitas  adalah bentuk visual dari alur kerja yang berisi aktivitas dan tindakan, yang juga dapat berisi pilihan, atau pengulangan. Dalam  Unified Modeling Language (UML), diagram aktivitas dibuat untuk menj...

macam macam perangkat keras dan lunak pada komputer

Macam-macam Perangkat Keras dan Perangkat Lunak Komputer https://novitasarry1411.blogspot.com Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas tentang pengertian dan macam-macam perangkat keras komputer atau hardware. Dalam dunia komputer pengertian dari perangkat keras atau hardware adalah komponen fisik yang membentuk sebuah sistem komputer. Hardware mempunyai sifat yang berbeda dengan software yaitu dapat dilihat, diraba dan bentuknya nyata. Jenis-jenis hardware pada komputer dan tidak hanya tertuju pada bagian komputer saja melainkan semua perangkat yang mendukung kinerja komputer.    a)      Macam Macam Perangkat Keras Komputer 1.       Motherboard Motherboard adalah papan sirkuit yan berfungsi sebagai tempat komponen- komponen komputer seperti processor, harddisk dan lain-lain. Motherboard sendiri berupa papan utama yang berbentuk PCB dan memiliki chip BIOS, jalur-jalur maupun konektor yang berf...

Konsep Class ,Objek,dan method

A.pengertian class,objek,dan method c lass pada bahasa pemrograman java dapat dikatakan  sebagai kumpulan dari objek yang memiliki perilaku,   relasi,dan kata yang umum .contohnya class hewan buas,class kendaraan,dan class bunga-bungaan . adapun objek adalah instance atau anggota dari sebuah class.contohnya pada class hewan buas ,anda dapat membuat objek singa,harimau serigala ,dan lain lain.untuk membuat objek anda perlu menggunakan perintah new dengan sebuah nama class yang akan anda buat sebagai anggota dari class tersebut.pada objek terdapat nilai yang berasal dari class tersebut atribut.atribut ini mempresentasikan karakteristik dari sebuah objek.contohnya pada singa terdapat atribut sebagai jantan atau betina,ekor taring ,kaki empat,warna cokelat dan lain lain. method merupakan perintah untuk mejalankan fungsi -fungsi yang dapat dikerjakan oleh suatu objek .method didefinisikan di dalam class,tetapi pemanggilan melakukan melalui sebuah objek.contohnya pada objek si...