Langsung ke konten utama

konsep dan kebutuhan sistem berorientasi objek.

konsep dan kebutuhan sistem berorientasi objek.
https://novitasarry1411.blogspot.com

A.konsep permodelan berorientasi objek

seperti bidang teknologi informasi lainnya,pemrograman telah mengalamai evolusi sejak teknologi komputer diperkenalkan.berbagai paradigma pemrograman berorientasi obek merupakan paradigma pemrograaman paling banyak digunakan.paradigma pemrograman adalah cara pandang atau pola pendekatan terhadap masalah masalah pemrograman yang akan menentukasn suatu solusi dapat dihasilkan .paradigma memberikan cara alur berfikir ,aturan aturan,dan batasan batasan kepada anda mengenai cara menyelesaikan sebuah persoalan.sejak teknologi pemrograman diperkenalkan ,berbagai paradigma pemrograman telah banyak digunkan secara luas dan mengalami perkembangan.beberapa paradigma pemrograman yang pernah dikenal secara luas antara lain sebagai berikut:

1.pemrograman nonstruktual

pemrograman nonstruktual merupakan paradigma pemrograman yang paling awal dikenalkan .kode programnya terdiri atas rangkaian instruksi yang disusun secara berurutan.setiap perintah atau statement akan ditempatkan disebuah bartis yang baru .setiap baris diberi nomor baris atau label untuk memudahkan atau pembacaan program .berikut kodeadalah contoh kode program yang bersifat nonstruktual


10 PRINT "bilangan X",kuadrat X"
20 PRINT"------------------------"
30 INPUT ''Masukan bilangan X, X
40 PRINT X, X*X
50  GO TO 30

salah satu kelemahan besar paradigma pemrograman nonstruktual adlaha ketika anda harus membuat aplikasi yang besar atau kompleks .kode program akan bertambah sacara masif atau besar besaran yang menyebabkan jumlah baris program yang sangat banyak .akibatnya ,kode program akan sulit dibaca dan dipahami oleh orang lain .dengan demikian ,proses perbaikan atau pengembangan akan sulit dilakukan.

2.pemrograman terstruktur

masalah yang timbul pada paradigma pemrograman tidak terstruktur dihilangkan dengan tekhnk pemrograman terstruktur .pada paradigma pemrograman ini,kode program akan pecah menjadi berapa bagian sesuai dengan proses yang dijalaknkan .paradigma pemrograman terstruktur peningkatan yang jauh lebig baik dibandingkan dengan pemrograman nonstruktual .pemanfaatan perosedur yang terpisah untuk menjalankan logika atau proses tertentu .


3.pemrograman berorientasi objek

pada teknik ini,segala sesuatu dianggap sebagai sebuah objek dan atribut .adapun perilaku diterjemahkan menjadi bagian program yang disebut objek .setiap objek merupakan bagian dari sebuah sistem yang berinteraksi satu dengan lainnya.setiap objek memiliki karakteristik dan perilaku tersendiri.paradigma pemrograman berorientasi objek merupakan paradigma pemrograman yang dapat menggambarkan lebih dekat kondisi dunia nyata.


B.Konsep Kemrograman Berorientasi Objek

Ide tentang pmrograman berorientasi objek telah berkembang sejak tahun 1970-an.namun,ode tersebut baru diperkenalkan pada tahun 1980-an,ketika bjorn struopstrup mengintegrasikan konsep OOP ke dalam bahasa pemrograman C dan menebut bahasa pemrograman C++ .bahasa pemrograman C++ kemudian menjadi bahasa pemrograman bahasa pertama yang mengakomodasi paradigma  OOP dan digunakan secara luas.paradigma berorientasi objek didasarkan pada beberapa prinsip yang mendasari proses sebuah perangkat  luanak dibangun.

1.Objek

objek adalah sesuatu yang menjadi fokus perhatian anda.objek juga dapat berupa sebuah benda yang sederhana ,seperti bola tenis,atau objek sebuah pertandinagan objek dapat juga berupa sebuah benda yang jauh lebih kompleks seperti pesawat udara.untuk membedakan sebuag objek dengan objek lain.buasanya objek dideskripsikan dengan karakteristik yang dimiliki nya.dalam paradigma pemrograman  berorientasi objek disebut dengan atribut 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Alur Kerja Dan Pemodelan Sistem Berorientasi Objek

A. Alur Kerja Sistem Berorientasi Objek https://novitasarry1411.blogspot.com A lur kerja dapat didefinisikan sebagai sebuah rangkaian langkah kerja yang dilakukan untuk  mencipatakan atau menambahkan nilai kepada aktivitas organisasi.dalam sebuah alur kerja yang bersifat rangkaian ,masing masing tahapan kerja akan bergantung pada langkah kerja sebelumnya .ketika membangun atau menganalisis sebuah alur kerja ,ada bebrapa hal penting yang perlu diperhatiakn ,antara lain sebagai berikut: 1.Apa pekrjaan yang harus diselesaikan ? 2.siapa yang bertangguang jawab untuk melakukan apa? 3.kapan masing-masing pekerjaan dilakukan? 4.apa persyaratan yang harus dipenuhi agar pekerjaan dapat dilakukan? B. Activity diagram Activity Diagram  atau  Diagram aktivitas  adalah bentuk visual dari alur kerja yang berisi aktivitas dan tindakan, yang juga dapat berisi pilihan, atau pengulangan. Dalam  Unified Modeling Language (UML), diagram aktivitas dibuat untuk menjelaskan aktivitas komput

simbol simbol activity diagram

simbol simbol pada activity diagram https://novitasarry1411.blogspot.com seperti hal nya diagram UML yang lain,activity diagram menggunakan simbol simbol grafis untuk membangun sebuah model.simbol simbol yang digunakan pada activity diagram adalah sebagai berikut: a.intial state  atau titik awal activity diagram akan diawali dengan sebuah initian state yang disimbolkan dengan sebuah lingkaran penuh berisi. pada activity diagram yang digambar menggunakan swimlanes.   b.aktivitas aktivitas di dalam activity diagram disimbolkan dengan sebuah persegi panjang  dengan sudut melengkung .setiap aktivitas diberi keterangan yang berhubungan dengan aktivitas yang diwakilinya. c.konektor konektor digunakan untuk menggambarkan aliran aktivitas yang ada di activity digram.konektor mengguanakan simbol anak panah dengan arah yang menunjukan arah aliran. d.join join alah proses dua aliran aktivitas bersatu dalam sebuah aliran.join disimbolkan dengan sebuah garis

Perlindungan Data Informasi dengan enkapsulasi

A.ENKAPSULASI Enkapsulasi adalah teknik menyembunyikan blog program yang berisi informasi  penting .fungsi enkapsulasi adalah membuat variabel atau field class mejadi berisfat private dan aksesnya melalui public method .field yang dideklarasikan menjadi private tidak dapat diakses oleh siapa pun di luar class. Enkapulasi bermanfaat dala mengamankan sebuah kode program.anda dapat memodifikasi kode tanpa harus kode yang telah digunakan dalam class ini.adapun manfaat lain dari enkapulasi adalah sebagai berikut. 1.modularitas       source code dari sebuah class dapat dikelola secara bebas dari source code yang lain.perubahan yang terjadi pada sebuah class tidak akan berpengaruh bagi class lain yang menggunakan nya. 2. information hiding       information hiding berarti menggunakan informasi yang tidak perlu diketahui objek lain. dengan menerapkan enkapsulasi pada class,anda dapat menyembunyikan informasi dari suatu class sehingga anggota dari class tersebut tidak dap