Langsung ke konten utama

dasar dan aturan objek berorientasi objek

Dasar Dan Aturan Pemrograman Berorientasi Objek





Bagian Dasar Program Java



Hasil gambar untuk gambar java

Java Memiliki Bagian Dasar Yang Masing-Masing Memiliki fungsi.Berikut Adalah Bagian-Bagian Dasar Dari Program Java.



-package
-import
-date
-method
                   program utama
                constructor
                block statement
                block control


1.package
package merupakan perintah pada pemrograman java untuk memberitahu suatu class yang merupakan anggota dari package.dalam membuat package terdapat aturan penamaan nya,yaitu dengan menggunakan huruf kecil,seperti util,lang,daan sql. 

2.import
perintah import digunakan untuk memberitahu kepada program,tidak untuk menjalankan class class yang ada pada package ,tetapi hanya mengacu pada class class tersebut.import dapat dlakukan untuk class tertentu yang ada pada package

3.class
class merupakan landasan dalam membangun sebuah pemrograman berbais objek.class adalah kumpulan dari perilaku dan bentuk objek.dapat dikatakan class merupakan awal terbentuknya objek.untuk membuat class terdapat aturan penamaan yaitu,diawali dengan huruf kapital dan berupa kata benda seperti ,class kucing,class sepeda,class pegawai.  

4.data dan method
data adalah sekumpulan variabel yang menjelaskan properti dari class.adapun method adalah intuksi yang digunakan untuk menjalankan data.

5.program utama
program utama java merupaka method yang paling penting dalam pemrograman java disebut dengan main. 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Alur Kerja Dan Pemodelan Sistem Berorientasi Objek

A. Alur Kerja Sistem Berorientasi Objek https://novitasarry1411.blogspot.com A lur kerja dapat didefinisikan sebagai sebuah rangkaian langkah kerja yang dilakukan untuk  mencipatakan atau menambahkan nilai kepada aktivitas organisasi.dalam sebuah alur kerja yang bersifat rangkaian ,masing masing tahapan kerja akan bergantung pada langkah kerja sebelumnya .ketika membangun atau menganalisis sebuah alur kerja ,ada bebrapa hal penting yang perlu diperhatiakn ,antara lain sebagai berikut: 1.Apa pekrjaan yang harus diselesaikan ? 2.siapa yang bertangguang jawab untuk melakukan apa? 3.kapan masing-masing pekerjaan dilakukan? 4.apa persyaratan yang harus dipenuhi agar pekerjaan dapat dilakukan? B. Activity diagram Activity Diagram  atau  Diagram aktivitas  adalah bentuk visual dari alur kerja yang berisi aktivitas dan tindakan, yang juga dapat berisi pilihan, atau pengulangan. Dalam  Unified Modeling Language (UML), diagram aktivitas dibuat untuk menj...

macam macam perangkat keras dan lunak pada komputer

Macam-macam Perangkat Keras dan Perangkat Lunak Komputer https://novitasarry1411.blogspot.com Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas tentang pengertian dan macam-macam perangkat keras komputer atau hardware. Dalam dunia komputer pengertian dari perangkat keras atau hardware adalah komponen fisik yang membentuk sebuah sistem komputer. Hardware mempunyai sifat yang berbeda dengan software yaitu dapat dilihat, diraba dan bentuknya nyata. Jenis-jenis hardware pada komputer dan tidak hanya tertuju pada bagian komputer saja melainkan semua perangkat yang mendukung kinerja komputer.    a)      Macam Macam Perangkat Keras Komputer 1.       Motherboard Motherboard adalah papan sirkuit yan berfungsi sebagai tempat komponen- komponen komputer seperti processor, harddisk dan lain-lain. Motherboard sendiri berupa papan utama yang berbentuk PCB dan memiliki chip BIOS, jalur-jalur maupun konektor yang berf...

simbol simbol activity diagram

simbol simbol pada activity diagram https://novitasarry1411.blogspot.com seperti hal nya diagram UML yang lain,activity diagram menggunakan simbol simbol grafis untuk membangun sebuah model.simbol simbol yang digunakan pada activity diagram adalah sebagai berikut: a.intial state  atau titik awal activity diagram akan diawali dengan sebuah initian state yang disimbolkan dengan sebuah lingkaran penuh berisi. pada activity diagram yang digambar menggunakan swimlanes.   b.aktivitas aktivitas di dalam activity diagram disimbolkan dengan sebuah persegi panjang  dengan sudut melengkung .setiap aktivitas diberi keterangan yang berhubungan dengan aktivitas yang diwakilinya. c.konektor konektor digunakan untuk menggambarkan aliran aktivitas yang ada di activity digram.konektor mengguanakan simbol anak panah dengan arah yang menunjukan arah aliran. d.join join alah proses dua aliran aktivitas bersatu dalam sebuah aliran.join disimbolkan denga...